Resensi Buku Sejarah Pembangunan Gedung PPATK

1 Juli 2008 at 1:28 am Tinggalkan komentar

  

SEJARAH PEMBANGUNAN GEDUNG PPATK

Sambutan, Kata Pengantar, 52 hlm, 21 x 28 cm

Author: Tim Penyusun (Hartono, Zainal Muttaqin, Djoko Kurnijanto, M. Natsir Kongah, Edi Nasution)

Penerbit: PPATK Jakarta, 2007

Buku ini memuat deskripsi ringkas tentang sejarah pembangunan gedung PPATK mulai dari pemancangan tiang pertama pada tanggal 26 Desember 2006 hingga siap digunakan setahun kemudian. Sebelum memiliki gedung perkantoran sendiri, PPATK berkantor di Lantai IV Bank Indonesia Kebon Sirih selama kurang lebih 5 tahun.

Dalam sambutannya Kepala PPATK Dr. Yunus Husein, SH, LL.M mengatakan bahwa pengadaan gedung baru PPATK tersebut merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari proses pembangunan rezim anti pencucian itu sendiri. Gedung baru tersebut berfungsi sebagai sarana pendukung kinerja PPATK dengan memperhatikan aspek fungsional, tata ruang kota dan seni arsitektur. Untuk dapat mendukung peran dan fungsi PPATK sebagai lembaga intelijen di bidang keuangan (FIU), Gedung PPATK itu dilengkapi dengan instalasi yang kompatibel dan modern sejalan dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi pada era globalisasi sekarang. Dari sisi fungsional misalnya, sesuai dengan core business PPATK seperti kegiatan riset dan analisis atas suspicious transaction yang dilaporkan oleh reporting parties, maka keamanan dan kerahasiaan dari setiap informasi dan data  (data base) yang dimiliki oleh PPATK membutuhkan perhatian dan penanganan yang ekstra hati-hati. Untuk itu diperlukan sarana dan prasarana penunjang yang kompatibel dengan tata letak dan tata ruang yang didisain secara khusus pula.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Kepala PPATK Bidang Administrasi Drs. Priyanto Soewarno mengatakan bahwa pengadaan kantor baru PPATK tersebut adalah bagian yang tidak terpisah dari kebijakan capacity building dalam konteks pembangunan rezim anti pencucian uang di Indoneia. Diyakini bahwa keberadaan gedung baru ini memiliki arti dan peran penting dalam upaya meningkatkan kinerja PPATK sehingga operasionalisasi PPATK ke depan diharapkan bisa lebih efektif dan efisien dengan melaksanakan program-program kerja yang semakin jelas, terarah dan pada gilirannya berhasil guna bagi kepentingan negara dan bangsa.

Menurut Ketua Panitia Peresmian Gedung Kantor PPATK Hartono, SH, bahwa makna peresmian gedung baru PPATK adalah lebih sebagai bentuk rasa syukur karena atas ridho dan hidayah Tuhan Yang Maha Kuasa sehingga pada akhirnya PPATK dapat memiliki gedung perkantoran tersendiri. Harapan yang lebih dalam lagi terpatri di dalam sanubari seluruh pegawai PPATK bahwa tugas yang semakin berat dan tantangan yang semakin besar di depan harus dihadapi secara lebih profesional dan berdaya guna sehingga mampu memberikan manfaat bagi kemajuan negara-bangsa Indonesia. (EN)

About these ads

Entry filed under: Resensi Buku. Tags: .

Resensi Buku Catatan yang Terserak 4th PPATK Resensi Buku Strategi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan TPPU

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Juli 2008
S S R K J S M
« Jun   Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Pos-pos Terakhir

Klik tertinggi

  • Tidak ada

Blog Stats

  • 17,463 hits

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: